Sabtu, 05 Oktober 2013

Diperlukan teknik mendisplay di Supermarket yaitu dengan Planogram, mari kita lebih mengenal apa itu Planogram

Dalam dunia pengecer (retail), istilah planogram seringkali dipakai untuk menunjukkan rencana visual yang menunjukkan penempatan produk di rak-rak display pengecer. Planogram ini sering disampaikan dalam bentuk diagram atau gambar, dan biasanya ditangani oleh visual merchandising atau tim merchandising (sumber).
Secara umum pengertian planogram sendiri adalah :
Sebuah teknik visual (diagram, bagan, foto, gambar, dsb) yang memberikan secara terperinci dan mendatail mengenai informasi penempatan tiap produk di display pengecer untuk tujuan produktifitas perusahaan, pengertian produktifitas terkait pada penjualan dan biaya. Penjualan produk misalnya dipengaruhi oleh harmonisasi peletakkan produk atau kemudahan dilihat oleh konsumen. Biaya produk misalnya pemakaian space tiap produk.
Lalu ketika setiap SKU telah behasil disimulasikan pada planogram dan kemudian di tempatkan di display pertanyaan berikutnya adalah benefit perusahaan pada pemakaian planogram ini. Keuntungan pemakaian planogram di retail adalah :
  • Dapat mengetahui potensi space per m2
  • Memuaskan pelanggan dengan daya tarik visual yang lebih baik
  • Pengendalian persediaan dan mengurangi stock out
  • Kemudahan pengisian barang oleh personil
Diciptakan oleh K-Mart, planogram telah terus berkembang sampai saat ini. Banyak perusahaan pengecer di bidang fashion atau FMCGG memakai planogram pada tempat display mereka. Berikut kutipan sejarah singkat planogram dari wikipedia 
 
*Sumber : http://romailprincipe.wordpress.com/2010/05/18/mengenal-secara-singkat-istilah-planogram/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar